Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

alfathurohim 19 Sep 2017 - 22:10 0 Komentar

 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh  - Apakah anda seorang perokok aktif? jika memang anda perokok asktif tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan peringatan dilarang merokok.Sepertinya anda tidak mengherankan jika mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh Anda. Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Kenapa rokok begitu berbahaya? Apa saja efek negatif lainnya dari rokok?



12 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh  - Apakah Anda mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan tubuh? Sebagai permulaan silahkan lihat fakta yang sangat menakutkan di bawah ini:

  1. Merokok menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.
  2. Merokok menyebabkan lebih banyak kematian setiap tahunnya dari semua gabungan kondisi berikut : HIV, penggunan narkoba, penggunaan alkohol, kecelakaan bermotor, dan tindakan kejahatan.
  3. Merokok menyebabkan sekitar 90% (atau 9 dari 10) dari semua kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.
  4. Sekitar 80% (atau 8 dari 10) kasus kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik disebabkan oleh merokok.
  5. Risiko kematian akibat merokok terus meningkat selama 50 tahun terakhir baik pada pria maupun wanita.











Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh  - Lalu apa kaitan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita, kaitannya ada pada zat yang terkandung di dalam rokok. Ada 4.000 komponen kimia yang ditemukan dalam rokok dan 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia, menurut  Centers for Disease Control and Prevention US. Berikut ini kami jabarkan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mudah-mudahan dapat menambah semangat Anda untuk berhenti merokok.

  1. Meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa, karena mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.
  2. Menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung Akrolein, Formaldehida dan Kromium VI ( digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.
  3. Menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, karena rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu.
  4. Menyebabkan leukemia karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.
  5. Menganggu perbaikan DNA dan menyebabkan kerusakan ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri, karena kandungan zat Kadmium yakni logam yang digunakan untuk membuat baterai.
  6. Kandungan tar pada rokok akan menempel pada paru-paru, serta menimbulkan warna cokelat pada gigi dan kuku.
  7. Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung. Karena kandungan karbon monoksida pada asap rokok yang dihirup masuk ke aliran darah. Karbon monoksida akan menurunkan jumlah oksigen yang dibawa di dalam sel darah merah lalu meningkatkan jumlah kolesterol yang diserap ke lapisan dalam arteri, sehingga bisa terjadi pengerasan arteri atau aterosklerosis.
  8. Nikotin dalam rokok adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah. Nikotin juga berkontribusi terhadap pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, juga menyebabkan serangan jantung. Zat kimia ini dapat tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok.
  9. Perempuan perokok ataupun yang tidak merokok namun sering terpapar asap tembakau cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah serta ada peningkatan risiko kelahiran prematur.
  10. Bahaya merokok berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.
  11. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak (kekeruhan lensa mata yang membuat Anda sulit untuk melihat) serta berkaitan dengan kerusakan retina mata.
  12. Menyebabkan diabetes mellitus tipe 2 dan dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah. Risiko diabetes adalah 30-40% lebih tinggi pada perokok aktif daripada non perokok.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh - Jutaan orang di dunia berhasil untuk berhenti merokok, dan dengan keinginan, keyakinan serta motivasi yang kuat Anda juga bisa terbebas dari kecanduan tembakau. Bayangkan betapa bahagianya hidup Anda dan keluarga karena terbebas dari jeratan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh Anda.

Komentar

0 Tanggapan dari "Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh"

Komentar terbaru ditutup

aplikasi youtube downloader